Contoh Sukses Wirausaha Modal Kecil

Contoh Sukses Wirausaha Modal Kecil – Inilah kisah sukses yang ingin dirajut setiap orang, karyawan yaitu menjadi pengusaha kaya dan berhasil. Namun tidak semudah itu menjadi wirausahawan mandiri yang sukses karena ada banyak rintangan dan tantangan. Perubahan hidup bisa terjadi dari status pegawai jadi pengusaha. Banyak perbedaan antara profesi pengusaha dan karyawan. Namun dengan sikap pantang menyerah, kerja keras dan rajin seorang karyawan swasta dan negeri bisa saja berubah status jadi pengusaha kaya raya.
Contoh Sukses Wirausaha Modal Kecil
Hal ini dialami oleh pria bernama lengkap Yopi Hendra. Awalnya pria yang akrab disapa Yopi ini seorang pegawai di perusahaan penerbitan di kota kembang Bandung. Namun gaji yang ia dapatkan tidak mencukupi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Oleh sebab itu, Yopi mulai melakukan bisnis sampingan di sela waktu luang yaitu usaha berjualan aksesoris berupa bros, peniti, pita, dll.

Contoh Sukses Wirausaha Modal Kecil

Lalu apa yang membuat Yopi memulai bisnis yang berhubungan dengan wanita? Ternyata pada mulanya Yopi disuruh ibunda tercinta untuk mengantarkannya ke pasar baru. Karena ia hendak pulang ke kota kelahirannya dan hendak membeli oleh-oleh.  Setelah diselidiki tanpa sengaja harga jual grosir di toko sangat berbeda jauh dengan harga grosir di pasar baru. Oleh sebab itu, ia tertarik untuk menekuni bisnis aksesoris wanita. Sebagai perbandingan harga aksesoris di grosir sekitar Rp 500. Sedangkan harga aksesoris di toko sebesar Rp 2000. Ternyata toko aksesoris meraup untung tiga ratus persen. Untung besar. Oleh karenanya, Yopi bertekad menjalankan bisnis sampingan berjualan aksesoris.

Cara Yopi dalam memulai usaha aksesoris sangat mudah. Apalagi ia memiliki gaji tetap sebagai karyawan di sebuah perusahaan penerbitan media. Ia tak perlu pusing memikirkan cara mendapatkan modal usaha. Tanpa pikir panjang, sebagian gaji yang ia dapatkan di kantor ia gunakan sebagai modal usaha membuka bisnis aksesoris. Modal awal usaha aksesoris sebesar Rp 300 ribu. Modal kecil tapi keuntungan berlipat.

Untuk masalah pemasaran merupakan salah satu aspek yang menentukan keberhasilan usaha. Yopi mengerti betul akan hal ini. Makanya ketika ide usaha aksesoris ia munculkan ia sudah mengetahui masalah pemasaran aksesoris. Untuk pemasaran aksesoris, Yopi berjualan barang tersebut di tempat yang banyak dilalui orang atau strategis seperti lapangan gasibu, tempat pengajian, dan tempat yang memiliki potensi besar untuk terjadi transaksi pembelian aksesoris.

Karena status yang ia sandang masih sebagai karyawan di sebuah penerbitan buku praktis ia tidak memiliki kesempatan waktu yang bebas. Waktu kerja membuatnya ia kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya. Pada waktu hari libur atau hari minggu saja, ia berjualan aksesoris.  Adapun hari sabtu dipergunakan untuk belanja barang-barang aksesoris. Keuntungan dari usaha aksesoris wanita tersebut disimpan untuk diputar sebagai modal usaha berikutnya yang lebih besar lagi.

Tak terasa Yopi sudah menjalankan bisnis aksesoris wanita selama satu tahun penuh. Ia merasa nyaman menjadi seorang pengusaha aksesoris. Apalagi keuntungannya lumayan besar hampir menyamai gaji. Oleh sebab itu, tanpa pikir panjang lagi, pria ramah ini memutuskan keluar dari pekerjaan di kantor. Ia memilih fokus mengembangkan usaha aksesoris yang penghasilannya mencukupi biaya bulanan keluarga.

Kemudian Yopi fokus dalam bisnis ini. Ia menyewa sebuah tempat di super mini market Darut tauhid Bandung dengan uang sewa Rp 300 ribu yang berasal dari keuntungan usaha aksesoris. Ia merekrut seorang karyawan dengan sistem bagi hasil. Usaha aksesoris semakin berkembang hingga mempekerjakan beberapa tenaga sales dengan pasar hingga ke perumahan, sekolah, universitas dan lain sebagainya.

Itulah isnpirasi usaha rumahan kecil dan menengah dengan modal kecil. Jika mereka bisa maka anda pun pasti bisa. Contoh Sukses Wirausaha Modal Kecil

Baca :

Peluang Wirausaha Modal Kecil 2017

 

loading...
Contoh Sukses Wirausaha Modal Kecil | Bobyar | 4.5