Contoh Resiko Usaha Dan Cara Mengatasinya

Contoh Resiko Usaha Dan Cara Mengatasinya – Anda mungkin sudah tak aneh lagi dengan seluk beluk dunia bisnis. Seperti yang telah dilakukan penulis beberapa tahun lalu hingga sekarang. Beberapa kegagalan dalam berwirausaha penulis rasakan. Sampat saat ini pun jurang kegagalan dan kesuksesan memang sangat tipis. Dalam arti kadangkali terbersit niat untuk tidak meneruskan usaha es krim. Tapi disisi lain bisnis ini sangat menguntungkan. Benarlah apa yang dikatakan bos penulis bahwa bisnis adalah masalah ketahanan dan dibutuhkan konsistensi serta sikap pantang menyerah yang diiringi sikap fokus.
Contoh Resiko Usaha Dan Cara Mengatasinya
Salah satu hal yang membuat seseorang tidak mau memulai bisnis adalah takut kehilangan uang. Bisnis adalah masalah mengeluarkan uang besar. Kemudian uang itu bisa kembali atau tidak. Jika usaha gagal maka uang tak akan kembali. Namun hanya berupa barang. Uang itu menjadi hilang percuma. Biasanya ini disebabkan oleh pengalaman bisnis yang kurang dan kurang perhitungan yang matang. Sebab bisnis adalah perencanaan, keyakinan dan konsistensi.

Contoh Resiko Usaha Dan Cara Mengatasinya

Lalu apa saja contoh resiko dalam usaha ? Berikut ini sejumlah contoh resiko dari sebuah usaha yang telah penulis alami selama bertahuin tahun berbisnis, antara lain :

Hilang Uang

Dalam setiap bisnis apapun kita pasti harus mengeluarkan modal usaha untuk memulainya. Modal yang dikeluarkan bisa besar dan kecil berupa uang. Setelah usaha berjalan maka kemungkinan usaha gagal sangat besar. Sebab menurut penelitian banyak sekali usaha yang gagal pada waktu merintis usaha atau di awal usaha. Akibat dari usaha gagal atau tak menguntungkan disebabkan contoh produk kita ditolak agen atau warung maka kita berhenti berwirausaha. Uang hilang tapi barang ada. Kita rugi uang.

Bayangkan ada seorang entrepreneur yang membuka usaha es krim dengan modal usaha Rp 35 miliar. Jika usaha es krim gagal seperti tak laku atau mengalami musibah kebakaran besar maka pengusaha itu harus kehilangan uang sebesar Rp 35 miliar. Namun terlihat pengusaha ini sudah mempunyai fondasi yang sangat kuat dalam bisnis. Ia menggunakan uang dingin. Ia masih memiliki sumber kekayaan lain. Sehingga tak khawatir jika usaha gagal dan uang tak kembali. Sebab masih memiliki uang yang lebih banyak dari itu. Pelajaran pertama, bisnislah menggunakan uang dingin yang tak terpakai. Jika usaha gagal maka anda merelakan dengan ikhlas sebab masih ada uang yang lebih banyak dari itu semua.

Hilang Barang

Ada lagi contoh resiko dalam sebuah usaha yakni kehilangan uang sekaligus kehilangan barang. Hal ini biasanya terjadi karena kita mempercayakan usaha dan bisnis kita kepada orang lain. Kita membeli perlengkapan usaha lalu peralatan bisnis itu diberikan kepada orang lain untuk mengelolanya. Ternyata orang lain itu tak amanan. Ia sangat kekurangan uang. Sampai ia kabur membawa barang usaha anda hingga anda kehilangan dan barang selamanya. Jejaknya tak terlacak. Cara mengatasi hal tersebut tentunya pada awal usaha jangan pernah mempercayakan usaha anda kepada orang lain. Tapi kembangkan usaha dengan tangan sendiri. Orang lain gunakan sebagai pembantu tambahan saja.

Sebenarnya masih banyak lagi dari resiko berwirausaha. Seperti kehilangan uang, barang, tidak punya harta benda sama sekali jika berbisnis habis-habisan. Demikianlah Contoh Resiko Usaha Dan Cara Mengatasinya. Ternyata resiko bisnis tidak seseram perkiraan. Biasa saja bro. Yang penting pondasi keuangan sudah sangat kuat. Beranilah mengeluarkan modal usaha. Anggaplah itu sampah.

Baca :

Cara Memulai Usaha Baru Sukses

 

loading...

Pencaharian:

  • contoh resiko usaha dan cara mengatasinya (43)
  • Contoh resiko dan cara mengatasinya (3)
  • contoh resiko usaha mikro (1)
Contoh Resiko Usaha Dan Cara Mengatasinya | Bobyar | 4.5