Cara Mengatasi Bosan dan Jenuh Menurut Islam

Cara Mengatasi Bosan dan Jenuh Menurut Islam – Penulis adalah salah seorang pakar dalam bidang menjauhkan diri dari kebosanan dan kejenuhan. Hal ini tak terlepas dari usia penulis yang sudah berumur lanjut dan sudah makan asam garam kehidupan. Sebenarnya cara menghilangkan rasa jenuh dan bosan dalam kehidupan ini sangat mudah. Pertama harus dilihar rasa bosan dan kejenuhan dalam aspek apa? Ada banyak aspek kejenuhan dalam diri seseorang. Misalnya jenuh dengan pacar, bosan dengan pasangan hidup, bosan dalam pekerjaan, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Bosan dan Jenuh Menurut Islam

Cara Mengatasi Bosan dan Jenuh Menurut Islam

Cara menghilangkan bosan di rumah mudah sekali. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di dalam rumah. Tapi jika anda jenuh dan booring apa yang mesti dilakukan? Pertama anda harus jalan-jalan. Lihatlah alam sekitar yang alami misalnya pemandangan alam seperti gunung atau hamparan sawah. Hal itu akan membuat mata segar dan semangat kembali membara. Adapula yang dilakukan untuk menghilangkan jenuh dengan cara mencari tantangan baru, pekerjaan baru dan makan kuliner yang terbaru menarik hati. Terakhir bisa membuat badan seseorang gemuk karena sering ngemil.

Cara Mengatasi Bosan dan Jenuh Menurut Islam

Sedangkan menurut Islam, cara menghilangkan rasa jenuh dengan cara banyak mengingat Allah SWT. Firman Allah SWT : Ingatlah hanya dengan mengingat Allah maka hati akan membuat tenang. Mengingat Allah maksudnya beribadah. Seperti salat, zakat, infaq, sedekah, ibadah haji dan lain sebagainya. Pendek kata, apabila rasa jenuh di rumah maka sobat bisa melakukan kegiatan ibadah seperti di atas. Misalnya yang sering dilakukan oleh penulis adalah mengaji atau menuntut ilmu.

Jenud dan rasa bosan juga bisa dihinggapi oleh seorang pebisnis atau pengusaha. Ia sudah merasa capek, kejenuhan dan bosan mengelola sebuah usaha. Oleh sebab itu, untuk mengatasi rasa jenuh dan bosan bagi seorang wirausahawan salah satu caranya adalah mencari jenis usaha baru yang lebih menantang adrenalin.

Sebenarnya manusia itu harus membuang rasa jenuh dan kebosanan pada sesuatu yang positif. Misalnya jenuh dan bosan membaca Al Quran. Oleh karenanya jangan pernah membaca Al Quran sampai menamatkan dalam satu hari satu malam. Tapi baca saja al quran secara mencicil perhari berapa ayat yang ditargetkan.

Pendek kata, seseorang mengalami yang namanya kejenuhan dan kebosanan karena aktifitas yang rutin dilakukan atau monoton. Adapula seorang manusia yang mengalami jenuh dan bosan karena tidak adanya aktifitas di rumah. Hal ini biasanya dihinggapi para pensiunan. Cara mengatasi rasa bosan dan jenuh di dalam rumah bagi pensiunan adalah keluar rumah dan cari peluang usaha baru atau bertemu dengan orang-orang yang positif.

Dahulu penulis seringkali dihinggapi rasa bosan dan malas di rumah. Karena setiap melakukan ii dan itu selalu dilarang oleh orangtua tercinta. Tapi kini sejak penulis pindah dari kota ke desa maka tak ada lagi rasa bosan dan malas. Yang ada justeru semangat. Tak ada waktu untuk merasakan kejenuhan dan bosan sebab begitu sibuknya dalam mengurusi pekerjaan dan melayani banyak klien. Diantaranya melayani konsumen yang order tulisan sebanyak 3 klien dan bekerja sebagai karyawan administrasi sale pisang ambarsari sumedang dengan fulltime.

Cara Menghilangkan Bosan pada Pasangan

Namun jika anda merasa bosan dan jenuh dengan pasangan atau rumahtangga, hal itu sangat parah. Salah satu caranya dengan memupuk rasa cinta kembali pada pasangan. Misalnya jatuh cinta pertama kembali dengan pasangan. Atau mengingat masa lalu saat pacaran dengan pasangan hidup saat ini. Tips kiat di atas cukup efektif untuk menghilangkan rasa bosan dan jenuh pada rumahtangga atau pasangan hidup.

Yang paling efektif untuk mengatasi kebosanan dan kejenuhan baik dalam kehidupan pekerjaan, karir, rumahtangga, pacar dll adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebab Allah SWT adalah pusat ketenangan. Orang yang berada di sekitarnya akan tenang. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah SWT hati akan menjadi tenang. Rasa gelisah, bosan dan jenuh bisa disebabkan karena dorongan atau keinginan tinggi terhadap dunia. Maka lepaskanlah. Mendekatlah kepada Allah SWT.

Itulah cara mengatasi bosan dan jenuh menurut Islam. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semua dalam mengatasi kebosanan dan kemalasan. Simak terus blog ukm.web.id untuk membaca artikel menarik lainnya.

Baca artikel terkait :

Pinjaman Modal Usaha Syariah Buat Pelaku UKM

loading...

Pencaharian:

  • menghilangkan rasa bosan menurut islam (53)
  • cara menghilangkan rasa jenuh menurut islam (21)
  • https://ukm web id/cara-mengatasi-bosan-dan-jenuh-menurut-islam/ (14)
  • bosan dalam islaM (5)
  • bosan hidup dalam islam (5)
  • jenuh dalam islam (5)
  • bosan menurut islam (3)
  • cara menghilangkan bosan dalam islam (3)
  • cara terbaik mengatasi kebosanan menurut islam (2)
  • cara mengatasi bosan dalam islam (2)
Cara Mengatasi Bosan dan Jenuh Menurut Islam | Bobyar | 4.5