Cara Membuat Lampu Hias Dari Batok Kelapa

Batok kelapa merupakan suatu benda yang sering kita jumpai di sekitar kita, biasanya kita mengetahui bahwa ternyata batok kelapa sering sebagai alat bakar dan kadang sering tidak di butuhkan akhirnya di buang begitu saja. padahal yang perlu anda tahu, bahwa batok kelapa ternayat sangat bermanfaat untuk pembuatan berbagai macam kerajinan. Salah satunya lampu hias. Batok kelapa di gunakan sebagai pengrajin sebagai pembuatan lampu hias.
Lampu hias dari batok kelapa ini memang sangat di cari oleh banyak orang, kerajinan batok kelapa ini memberi keuntungan buat anda untuk memulai bisnis. Keuntungan yang anda dapat juga besar, sebab lampu hias dari batok kelapa ini sangat banyak di minati oleh kebanyakan orang.
Keindahan dari lampu hias mampu membuat para pengemar kerajinan ingin memilikinya, harga dari lampu hias tidak membuat mereka berhenti untuk memiliki lampu tersebut. hal ini memberikan kesempatan yang baik bagi anda untuk memulai bisnis kerajinan lampu hias dari batok kelapa.

1

Ada beberapa yang perlu anda perhatikan ketika anda memulai usaha lampu hias dari batok kelapa yaitu :

1. Perhatikan kualitas bahan yang di gunakan
Saat anda melakukan usaha kerajinan lampu hias dari batok kelapa, maka anda perlu memperhatikan kualitas bahan yang di gunakan dari jenis kelapa yang akan di gunakan, dan juga bahan-bahan yang lainnya juga harus memiliki kualitas yang baik.

2. Memilih distributor yang dapat terpercaya
Saat anda ingin usaha kerajinan lampu hias dari batok kelapa, maka anda juga harus memiliki distributor yang mungkin dapat anda percaya. Dan pilihlah distributor kerajinan lampu hias yang lebih murah. Agar ketika anda ingin menjualnya kembali, anda tidak mengalami kerugian. Dan mampu memperoleh keuntungan dariusaha yang anda jalankan.

3. Memiliki lokasi yang strategis
Ketika anda melakukan usaha kerajinan lampu hias dari batok kelapa ini, maka anda memperhatikan lokasi yang ingin anda gunakan untuk usaha anda, sebab lokasi sangat penting untuk mempermudah pengunjung menjangkaunya.

4. Lakukan promosi
Anda juga bisa melakukanj promosi untuk usaha anda tersebut. promosi bertujuan untu mengetahui usaha yang sedang anda jalankan. Dan hal tersebut tentunya sangat mempengaruhi banyaknya pengunjung di tempat anda.

Bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat lampu hias dari batok kelapa:
– Kelapa
– Kayu
– Gergaji
– Pisau/golok
– Amplas
– Bor listrik/sejenisnya
– Vernis
– Kuas
– Lem kayu
– Isolasi bening (jika diperlukan)
– 1 set fitting lampu
Cara pembuatan
1. Kupas kelapa sehingga terlihat butiran batok kelapa bulat
2. Bersihkan permukaan batok kelapa dengan ampelas/beling
3. Buat pola menggunakan pinsil diatas permukaan batok yang telah halus
4. Lubangi bagian atas dengan gergaji besi untuk tempat lampu
5. Keluarkan kelapa dengan dicongkel sedikit demi sedikit
6. Beri lobang dengan bor listrik sesuai pola yang telah dibuat
7. Setelah selesai melubangi sesuai pola baru kita membuat dudukan untuk menggantungkan lampu
8. Tanjapkan kawat pada dudukan kayu yang ada , kemudian bentuk melengkung seperti dahan, pasang kabel dan dudukan lampu mengikuti kawat tadi, setelah itu baru dibungkus dengan lilitan tali dari pelepas pisang agar terlihat seperti batang kayu asli.
9. Setelah itu baru pasangkang batok kelapa menggantung seperti buah pada kawat/batang tersebut, jangan lupa bikin daun dari batok atau tapas kelapa untuk menambah keindahan lampu tersebut
10. Dan tahap terakhir cat lampu hias dengan pernis atau pilok clear supaya terlihat mengkilap.

Mungkin itulah yang bisa saya sampaikan untuk anda, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. terima kasih telah berkunjung di halaman kami.

loading...
Cara Membuat Lampu Hias Dari Batok Kelapa | penulis | 4.5